Halo sobat teamwork, kamu pasti tidak asing lagi kan dengan yang namanyan internet. Saat ini  internet di indonesia perkembanganya cukup pesat dan dibarengi dengan banyaknya jumlah pengguna internet yang semakin hari semakin banyak.

Baca juga : Cara mengetahui berita hoax atau bukan

Setiap harinnya pengguna online sosial media seperti whatsapp dan instagram di indonesia menjadi yang terbesar selain amerika serikat dan cina. Hal ini juga menjadikan kejahatan di dunia maya semakin banyak Seperi pencurian akun, pembobolan kartu kredit, dan lainnya.

Nah untuk menghindari kejahatan didunia maya, riky akan memberikan 4 tips aman menjelajah dunia maya
 di bawah ini.

1. Hindari penggunaan password yang sama di setiap akun

Menggunakan password yang sama untuk banyak akun sangat berbahaya sekali, hal ini jika salah satu akun kita terkena hack, misalnya akun facebook, maka semua akun yang pernah kita login dengan alamat email maupun password yang sama, akan lebih rentan dan mudah untuk diretas.

Maka, hindarilah penggunaan password yang sama untuk banyak akun. Jika kamu susah untuk mengingat bayak akun, cobalah untuk mencatat semua username dan password kamu yang kamu gunakan untuk login di buku catatan, dan simpan sebaik mungkin.

Atau biar lebih mudah jika ingin login lagi, coba simpan dengan cara mrnyimpannya di file dokumen dan mempaswordnya, atau bisa juga jika password yang kamu gunakan di simpan secara otomatis di browser yang kamu gunakan seperti di google chrome.


2. Jangan asal klik link yang gak jelas
Jangan asal klik link sembarang, tetutama di media sosial karena bisa jadi itu adalah link phising, yang digunakan untuk mencuri data kita seperti email, pasaword, ussername sosmed, kartu kredit, dan lainnya.

Periksa dahulu link tersebut sudah https atau belum, dan jika kamu buka, jangan memasukan data apapun di situ, cek dulu situs itu aman atau tidak.


3. Jangan sembarangan publikasikan data diri kamu
Jangan asal mempublikasikan data diri seperti nomor hp, alamat rumah, tanggal lahir, dan anfgota keluarga. Bisa jadi itu adalah modus pencurian data dengan memanfaat kan data-data pribadi.

4. Hindari penggunaan internet publik
Tips terakhir yang riky berikan, yaitu hindari penggunaan internet publik seperti wifi di tempat tempat umum untuk bertransaksi belanja online, login, dll. Karena bisa saja, hacker menyusup ke jaringan internet publik untuk meretas, mencuri data maupun mencuri akun.

Teknik spofing, adalah teknik yang biasa digunakan hacker untuk meretas data pengguna jaringan internet publik tersebut dengan memanfaatkan riwayat login maupun transaksi yang tersimpan.


Itulah 4 tips aman menjelajah dunia maya, buat kamu yang suka ber internet an agar lebih aman dan terhindar dari kejahatan dunia cyber. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat.